Wapres: Industri Halal Perlu Sinergi Litbang dan Inovasi

Label

Wapres: Industri Halal Perlu Sinergi Litbang dan Inovasi

REDAKSI
Senin, 07 Juni 2021

Ist.


Editor: Shodiq


JAKARTA,harian7.com - Koordinasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan kementerian/lembaga (K/L) sangatlah penting untuk menghasilkan nilai tambah melalui hasil riset yang efisien sehingga dapat diimplementasikan di sektor-sektor yang membutuhkan seperti industri halal, ekonomi dan keuangan syariah. Demikian disampaikan Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin.


Disampaikanya, hasil riset dari BRIN, bekerjasama dengan pihak terkait saya pikir menjadi sangat penting untuk pengembangan hasil yang efisien dan juga kualitasnya.


"Saat ini para pelaku industri produk halal membutuhkan teknologi tepat guna untuk pengembangan produknya. Wapres mengapresiasi langkah BRIN dalam melakukan riset yang mendukung pemerintah dalam membangun ekosistem ekonomi syariah yang melibatkan pengusaha, perbankan, dan kawasan industri halal,"tegas Wapres.


Menurut Wapres, ini penting untuk mempercepat kemandirian dan memperkuat kapasitas industri halal Indonesia, di samping kehalalannya, bahan bakunya, dan juga teknologinya yang lebih efisien.


Sementara, Ketua BRIN, Laksana Tri Handoko, menyampaikan,"Intinya kami siap membantu dan mendukung program ekonomi dan keuangan syariah, khususnya produk pangan halal."


Kemudian, Kepala Balai Penelitian dan Teknologi Bahan Alam LIPI, Satriyo Krido Wahono, menambahkan bahwa sejauh ini sudah melakukan riset halal, khususnya pada bidang pangan pada tiga hal, yaitu riset terkait alat deteksi cepat halal, riset substitusi untuk produk-produk yang masih diragukan kehalalannya, serta mengembangkan produk berbasis laut. (Yuan/setwapres/nr/ip)